Kamus Bahasa Palembang

A
  • aman / amon = kalau
Contoh: Aman kau ke sano gek, jangan lupo bawa pempek.
Arti: Kalau kamu ke sana nanti, jangan lupa bawa pempek.
  • antok = antuk
Contoh: Kartu kau tu antok, ulang oi!
Arti: Kartu kamu itu terantuk, ulang dong!
  • asak = asalkan
Contoh: Asak kau dapet cepek, ku enjok mobil la.
Arti: Kalau kamu mendapatnya dengan cepat, saya kasih mobil deh.
  • awak = padahal
Contoh: Awak kau yang salah, nak nyalahke wong.
Arti: Padahal kamu yang salah, mau menyalahkan orang.
  • awan = siang
Contoh: Awan tadi, budak Kertapati menang lomba bidar.
Arti: Tadi siang, anak Kertapati menang lomba bidar.
B
  • bae = saja
Contoh: Kau bae la yang bayar.
Arti: Kamu sajalah yang bayar.
  • balak = masalah
Contoh: Dak usah nyari balak la, kagek celako kau.
Arti: Tidak usah cari masalah deh, nanti kamu celaka.
  • balek = pulang
Contoh: Aku abes ni nak balek ke rumah.
Arti: Saya setelah ini mau pulang ke rumah.
  • balen = ulang
Contoh: Balen oi, mano ado maen cak tu.
Arti: Ulang dong, mana ada main begitu.
  • banyu = air
Contoh: Nak minum apo? Jawab: Banyu putih be.
Arti: Tanya: Mau minum apa? Jawab: Air putih saja.
  • baseng = terserah/sembarangan
Contoh: Baseng kau la, aku dak melok-melok bae.
Arti: Terserah kamu sajalah, saya tidak ikut (kalau terjadi masalah, saya tidak ikut kena getahnya).
  • basa = gawat
Contoh: Basa ni! dak pacak gawe galo.
Arti: Gawah nih! Tidak bisa kerjakan semua.
  • baso = bahasa
Contoh: Ae, baso Inggris bae dak pacak kau, cupu ni!
Arti: Ya ampun, bahasa Inggris saja kamu tidak bisa, pecundang nih!
  • bebala = bertengkar (mulut)
Contoh: Wong sebelah ni galak bebala sampe subuh.
Arti: Orang sebelah suka bertengkar sampai subuh.
  • belagak = tampan, cakep, rapi
Contoh: Wew, belagak nian kau hari ni!
Arti: Wah, rapi sekali kamu hari ini!
  • belago = bertengkar saling pukul
Contoh: Budak kecik tu galak belago, laporke plisi peh?
Arti: Anak kecil itu suka berkelahi, laporkan ke polisi yuk?
  • bengak = bodoh
Contoh: Bengak nian kau ni, baco be dak pacak!
Arti: Bodoh sekali kamu ini, membaca saja tidak bisa!
  • begoco = berantem/berkelahi
Contoh: Dak usah jingok jingok, begoco be kito!
Arti: Tidak usah lihat-lihat, berantem aja kita!
  • berejo = bersusah-susah, berusaha
Contoh: Berejo la kau! tula, diomongi dak galak dengar.
Arti: Berusahalah kamu! Makanya, diberi tahu tidak mau dengar.
  • Bi Cek = ibu, bibi, tante; bi cik (bibi kecik) = bibi kecil, panggilan untuk tante dalam keluarga besar yang paling kecil/muda.
Contoh: Bi cek! nak ke mano?
Arti: Bibi! Mau ke mana?
  • budak = anak
Contoh: Budak tino Pelembang emang cindo-cindo galo.
Arti: Anak perempuan Palembang memang cantik-cantik semua.
  • buntang = bangkai
Contoh: Depan kelas kito ado buntang tikus.
Arti: Di depan kelas kita ada bangkai tikus.
  • buyan = bodoh
Contoh: Makonyo belajar biar dak jadi buyan, adekku
Arti: Makanya belajar adikku, agar kamu tidak menjadi bodoh.
  • besak kelakar = besar omong
Contoh: Kau tu besak kelakar bae, jadi be idak.
Arti: Kamu itu besar omong saja, jadi aja enggak.
  • bedalu = begadang
Contoh: Jangan nemen nian bedalu kau tu
Arti: Jangan sering begadang kamu itu
C
  • cak = seperti
contoh: budak itu rai nyo cak wong nak ngamuk sepanjangan
Arti: Anak itu wajahnya seperti orang mau marah terus.
  • cak mano = bagaimana
Contoh: Cak mano ni? pacak dak lulus kito ni
Arti: Bagaimana ini? Bisa tidak lulus kita.
  • cak itula = ya begitulah
Contoh: Cak itula, basa nian kito
Arti: Begitulah, benar-benar dalam kesulitan kita.
  • calak = pintar, cerdik <kadang terkesan curang>
Contoh: Oi calak nian kau e, wong ngaki kau bawak kereta.
Arti: Cerdik juga kamu ya, orang lain jalan kaki kamu bawa sepeda.
  • cemeke'an = pelit
Contoh: Cemeke'an nian, goceng be dak ngasi.
Arti: Pelit sekali, mamberi lima ribu saja tidak mau.
  • cetuk = patuk
Contoh: Lakinyo mati dicetuk ulo.
Arti: Suaminya meninggal dipatuk ular.
  • cotang = menebak-nebak dalam soal pilihan
Contoh: Cotang 5 bener 4, hebat dak?
Arti: Sembarangan jawab lima soal, benar empat, hebat tidak?
  • cugak = kecewa
Contoh: Keno cugak be aku lantak dio.
Arti: Saya kecewa karena dia.
  • Cucung = cucu
Contoh: Woi cung, kalo kau ke Plaju, belike aku pempek
Arti: Cu, kalau kamu ke Plaju, belikan kakek/nenek pempek.
  • cindo = cantik
Contoh: Cindo nian tino tu, pacak "peca utak" aman jingokinnyo terus.
Arti: Cantik sekali perempuan itu, bisa "pecah otak" kalau melihatnya terus.
  • cenela = sendal
Contoh: Woi, jangan pake cenela aku!
Arti: Woi, jangan pakai sendal saya!
  • cangking = jinjing
Contoh: Cubo dicangking bae, biar mudah.
Arti: Coba dijinjing aja biar mudah.
  • cokot = gigit
Contoh: Hamper be aku tadi dicokot anjing
Arti: Hampir saja saya tadi digigit anjing
D
  • Dak papo = tidak apa-apa
Contoh: Dak papo la! Cuman denget bae.
Arti: Tidak apa-apalah, cuma sebentar saja.
  • dak katek / katek = tidak ada (lebih tegas)
Contoh: Dak katek malu nian kau ni!
Arti: Tidak ada malu sekali kamu ini!
  • dak katek-katek = tidak ada terus
Contoh: Aku pegi ke sano? Dak katek-katek.
Arti: Saya pergi ke sana? Tidak ada terus.
  • dak terti = tidak mengerti
Contoh: Dak terti aku pelajaran ni.
Arti: Saya tidak mengerti pelajaran ini.
  • dewe'an = sendirian
Contoh: Pegi samo siapo kau? Dewe'an be?
Arti: Pergi sama siapa kamu kesana? Sendirian saja?
  • dulur = saudara
Contoh: Oi dulur! Po kabar?
Arti: Saudara! Apa kabar?
  • deken = dulu
Contoh: Ai, ngopi deken biar dak ngantok.
Arti: Aduh, minum kopi dulu agar tidak mengantuk.
E
  • emak : ibu
Contoh: Emak, ado yang ngolake aku.
Arti: Ibu, ada yang mempermainkan saya.
  • enjuk = beri
Contoh: Enjuk siapo la bunga ni, yo?
Arti: Diberikan dengan siapa bunga ini, ya?
  • ekar = kelereng
Contoh: Ekar aku hargonyo goban, kau punyo?
Arti: Kelereng saya harganya lima puluh ribu, punya kamu (harganya berapa)?
  • ecak-ecak = pura-pura
Contoh: Kau ni jangan ecak-ecak dak tau.
Arti: Kamu ini jangan pura-pura enggak tau.
  • Eder = benar/beres
Contoh: Gawean kau ni dak pernah eder.
Arti: Kerjaan kamu itu tidak pernah benar/beres.
G
  • Galak = mau, sering, suka
Contoh: Galak makan dak? (galak = mau)
Contoh: Aku galak dengan kau. (galak = mau/suka)
Contoh: Tu la, galak takok'an, keno batunyo kau sekarang. (galak = sering)
  • galar = lantai
Contoh: Kaparke bae mangkok tuh di pucuk galar.
Arti: Letakkan saja mangkuk itu di atas lantai.
  • galo = semua
Contoh: Wong kito galo.
  • gancang = cepat
Contoh: Gancang dikit kak, kagek telat aku ni sekolah.
  • gedek = dinding / tembok
Contoh: Lukisan sikok itu tolong dipasang di gedek sebelah sano yo mang.
  • geli-geli = mudah (bahasa kiasan yang diambil dari geli yang maknanya sama dalam bahasa Indonesia)
Contoh: Mak ini sih geli-geli bae.
  • geli-geli basa = sangat mudah
Contoh: Pacak dak? Geli-geli basa.
  • geta basa = bokek, pelit
Contoh: Geta basa dio tu.
  • goco = tinju
Contoh: Ati-ati samo preman itu, kagek keno goconyo.
  • gandekan = ahli/jago
Contoh: Wai, budak itu gandekan nian maen ekar.
Arti: Wow, anak itu ahli/jago sekali bermain kelereng.
I
  • idak = tidak
Contoh: Idak galak makan dio dari kemaren.
Arti: Tidak Mau makan Dia dari Kemarin.
  • igo = terlalu
Contoh: Tula pelit igo! Rasoke kau sekarang
Arti: Itulah Pelit sekali ! Rasakan kamu Sekarang
  • iwak = ikan
Contoh: Iwak belido emang paleng padek dibikin pempek.
Arti: Ikan Belida Emang paling enak dibikin Pempek.
J
  • jabo = luar
Contoh: Tolong buangke sampah ni ke jabo, yo.
  • jingok = lihat
Contoh: Jingok- ingok kalo kakak aku dateng, yo
  • jiron = tetangga
Contoh: Kenal dak kau samo jiron kawu?
  • julak = dorong
Contoh: Kau dijulak siapo dek? Ngapo pacak nyampak cak ini?
  • Jero = dalam
Contoh: Kambang ini jero nian.
Arti: Empang ini dalam sekali.
Contoh: Cubo cari di jero kamar.
Arti: Coba cari di dalam kamar.
  • jeramba = jalan/jembatan
Contoh: Nah, jeramba kayu iko la banyak yang bolong.
Arti: Nah, jalan/jembatan kayu ini sudah banyak yang bolong.
K
  • kacek = selisih
Contoh: Kacek dikit jugo, dak apo la.
Contoh: Jangan kacuk-an di luar nika ye, doso tu!
  • kagek = nanti
Contoh: Nak pegi, lum? Kagek, yo.
  • kambang = kolam
Contoh: Wow, kambang iwak makin cantik bae mak ini ari.
  • kanji = genit/nafsu seksual berlebihan/binal
Contoh: Jingokla, betino itu kanji nian galak ngucak lanang.
  • katek = tidak ada
Contoh: Kesian jingok dio, katek duit, katek rumah, katek kerjo.
  • kecik = kecil
Contoh: Pempek telok kecik seporsi berapo?
  • kelaso = tikar, alas duduk, alas tempat tidur
Contoh: Bentangke la kelaso tuh, aba kau nih nak tiduk dulu.
  • kempet = kempes
Contoh: Ai, ban mobil aku kempet pulo.
  • kendak = kehendak/kemauan
Contoh: Kendak aku ni cak ini, ngapola jadi cak itu?
  • ketek = perahu
Contoh: Turis tu lagi naek ketek nyebrang sunge musi
  • kito = kita
Contoh: Wong kito galo.
  • kleker = kelakar
Contoh: Mang Cek kau tu emang rajo kleker, ngehayal telalu tinggi.
  • klepeh = dompet
Contoh: Supayo dak dimaling, pastike klepeh ditempek ke jangan baseng.
  • kocek = potong, kupas
Contoh: Diemla, agek kukocek palak kau!
  • kambang = empang
L
  • la = sudah
Contoh: La selesai lum? Lamo nian.
  • ladeng = pisau
Contoh: Kau buang ke mano ladeng bekas kau nujah tadi?
  • laju = ayo, akibatnya/jadinya
Contoh: Galak laju, dak galak sudah. (laju = ayo)
Contoh: Lantak bebala, laju keno marah budak tu (laju = akibatnya/jadinya)
  • lajuke = urusi
Contoh: Aman kau galak, lajuke la.
  • lanjak'i = mengerjakan, mengurusi
Contoh: Mumpung regonyo murah, lanjak'i la cek
  • lantak = gara-gara
Contoh: Lantak kau la, jadi rusak komputer aku ni.
  • lemak = enak
Contoh: Makanan di sini la dak lemak, mahal pulo.
  • lihai = mahir
Contoh: Lihai nian dio matematika, les di mano dio, yo?
  • lokak = kerjaan, masalah
Contoh: Kalo ado lokak, kabari bae aku ye mang.
  • lolo = bodoh
Contoh: Alangke lolo gawe budak kecik tu.
  • lum = belum
Contoh: Sudah, lum?
  • linjangan = pacar
Contoh: Hai, linjangan kau sekarang sapo?
Arti: Hai,pacar kamu sekarang siapa?
M
  • madak'i = Masa, sih?
Contoh: Mada'i kito kalah? Perasaan la lemak tekwan kito ni.
  • mak ini ari = hari gini
Contoh: Mak ini ari, mase ado bae wong yang galak maleng ayam.
  • Mang Cek = paman
Contoh: Di rumah mang cek aku ado kebon rambutan.
  • melok = ikut
Contoh: Aku nak ke tempek tino tu, melok dak?
  • mekek-mekek = berteriak/memekik
Contoh: Oi cek, ngapo dio la dari tadi mekek-mekek?
  • mekot, milu = ikut
Contoh: Mekot oi ke sano, la bosen aku di siko.
  • menujah = menusuk
Contoh: Wai, kawu ni mirip yang nujah adek aku dulu tu.
  • mengot = lengkung
Contoh: Mistar ni pacak mengot pulo.
  • meseng = buang air besar
Contoh: Budak tu galak meseng di celano aman aku kejutke.
  • metu = keluar
Contoh: Dio tu dak pernah metu dari kamar sejak ditujah aku.
  • merep = mirip, menyerupai
Contoh: Yyo merep wong ini.
  • minta alem = manja, cari perhatian
Contoh: Minta alem nian dio ni.
  • mentek, mengkek = "belagu", banyak gaya
Contoh: Mengkek nian budak tu!
N
  • nak = mau
Contoh: Diemla! Nak keno marah guru kawu?
  • ngambok = pamer
Contoh: Dak usahlah nak ngambok kau tu! Jingok dulu na gambar aku.
  • ngatoke = mengatakan
Contoh: Walikota ngatoke kalu dio bakal gusur galo pedagang kaki lim.
  • ngolake = menipu
Contoh: Koko kau tu galak ngolake, ngomong jual ayam bangkok taunyo ayam kampung.
  • ngota'i = membohongi
Contoh: Ai, kau ni ngota'i aku dari dulu, apo kendak kawu?.
  • nian = benar
Contoh: Kau cak calak nian kek aku, yo?.
  • nianan = beneran
Contoh: Nianan pesta-pesta kito malem ni?
  • ngeribak'i = peduli amat
Contoh: Ngeribak'i kau la, kawu tu siapo?
  • ngikik = lucu
Contoh: Ngigik nian wong yang bikin kamus ni.
  • ngenyek = mengejek
Contoh: Budak tu emang galak ngenyek, kesel jugo lamo-lamo.
  • nyampak = jatuh
Contoh: Ajaib, la nyampak dari lante 30 masi pacak idup
  • nyenyes = cerewet
Contoh: Aku dak seneng dengan wong nyenyes cak dio.
  • ngagok'i = menanggapi
Contoh : Berentilah ngagok'i nyo,gek dio nangis
  • nemen = sering
Contoh: Jangan nemen nian maen tempat wong itu.
Arti: Jangan terlalu sering main ke tempat orang
  • nganjok = terjun
Contoh: Jangan galak nganjok dari pagar lagi kau tu.
Arti: Kamu itu jangan suka terjun dari pagar lagi.
O
  • "Obak" = Penjara/Sel
Contoh: Wong galak maling bakal masuk obak.
Arti: Orang yang suka mencuri akan masuk penjara.
  • oncak = unggulan
Contoh: Pakela oncak kau, tetep aku tula yang menang pasti.
  • oplet = angkot
Contoh: Kalu oplet warno merah stop di mano, yo?
P
  • Pacak = bisa
Contoh: Pacak gilo jugo aku kalo cak ini terus
  • Palak = kepala
Contoh: Pening palak aku jingok kelakuan dio
Contoh: Lamo-lamo pening palak aku liat kau ni
Arti: lama-lama, pusing kepalaku melihat kamu ini
  • Panto = cuma
Contoh: Panto itu be dak pacak, makmano kau ni?
  • Pasak = pasar
Contoh: Pasak Plaju la canggih sekarang, nyaman men nak blanjo
  • Payo = ayo
Contoh: Ke PIM dak? payo!
  • Pecak = seperti
Contoh: Badan pecak gorila cak tu, kalahla dio
  • Pecik = menembak
Contoh: Ae cupu ni, pecik ekar be dak pacak
  • Peh la = yuk
Contoh: Maen dak? peh la
  • Penesan = bercanda
Contoh: Jangan langsung tujah2an oi, cuma penesan dio tu
  • Pocok = atas
Contoh: Dio lagi di pocok, beneri atep
  • Prei = libur
Contoh: Kapan prei?
  • punyo = punya
R
  • Rai = muka, tampang
Contoh: Rai kau make apo? maken cantik bae kw bik
  • Ringam = benci
Contoh: Ringam nian jadi wong tu!
  • Rese = habis
Contoh: Ai rese makanan ini
S
  • Sanjo = bertamu
Contoh: Kagek sincia sanjo ke tempat aku ye, banyak makanan la
  • Sangkek = keranjang, bungkusan berisi makanan yang dibagikan waktu ultah anak kecil
Contoh: La dapet sangkek lum kau?
  • Saro = sulit
Contoh: Kalo cak ini saro! jadinyo cak mano? cari dulu turunannyo
  • Sapo = siapa
Contoh: Sapo bae yang ranking, dapet voucher les gratis disano
  • Semekuk = berbentuk tak sempurna
Contoh: Dak semekuk nian gambar kau, budak TK be lebih lihai
  • Sepur = kereta api
Contoh: Ado wong dilindas sepur malem tadi
  • Sike = pelit
Contoh: Dak usah sike la, awak kayo
  • Sius = serius
Contoh: Siusan oi? mak mano nian ceritonyo?
  • Sikok = satu
Contoh: Bagi sikok wong sikok, jangan banyakan
  • Singit = sembunyi
Contoh: Maleng tu singitan di wc rumah aku
  • Siru = heboh
Contoh: Dak usah siru! mano buktinyo?
  • Sedenget = sebentar
Contoh: Sedenget be, dak lemakkan aku kalo dak ke rumah dio
  • Sekewet = curang
Contoh: Ketauan ye kau galak maen sekewet
  • Sokor = "sukurin"
Contoh: Sokor! makonyo latihan dulu men nak tanding tu
T
  • Tako'an = sombong
Contoh: Wong tako'an cak dio emang harus dibasmi
Contoh: Orang sombong kayak dia emang harus dibasmi
  • Tebudi = tertipu
Contoh: Dak tau aku ini palsu, tebudi aku oleh dio
  • Tedok = tidur
Contoh: Tedok tu jangan malem malem
  • Tek aguk = tidak ada kerjaan (tidak digunakan terpisah)
Contoh: Tek aguk nian dio, nyoret nyoret papan
  • Terajang = hantam
Contoh: Na, nyengir nyengir, terajang gek kau!
  • Tetak = potong
Contoh: Tetak palak aku kalo kau dapet cepek
  • Tino = betina/perempuan
Contoh: Budak tino itu begawe di PS
Contoh: Anak perempuan itu bekerja di PS
  • Tangani = selesaikan, hajar, pukul
Contoh: Dak usah macem macem, tangani gek kau!
  • Tula = itulah
Contoh: Tula! la ku ngomongi caronyo tu mak ini, dak cayo kau
  • Tujah = menusuk
Contoh: Ne, kau. Ngapo nyingok-nyingok, kagek ku tujah
  • Tekak = bandel
Contoh: Kau ni tekak nian, wong apo bukan?
Arti: Kamu ini bandel banget, orang apa bukan?
  • Tebok = bolong
Contoh: lawang ini tebok galo bekas peluru
Arti: Pintu ini bolong semua bekas peluru
  • Tekepor = terkapar
Contoh: Peserta gerak jalan banyak yang tekepor
  • Tekacip = kelamaan menunggu (seseorang/sesuatu)
Contoh: Ai gawe kau ni,aku laju tekacip disini
Arti: Ai kerjaan kamu ni,saya jadi kelamaan nunggu
  • Tegok = telan
Contoh: Tegok bae ubat tu
Arti: Telan saja obat itu
U
  • Ucak-ucak = main-main, tidak serius
Contoh: Ae SFC ni maennyo ucak ucak sekarang
  • Uji = kata
Contoh: Uji dio kalo pacak gawe ke soal ni, nak dienjok cepek ceng kito
  • Umep = panas / masak / mendidih
Contoh: Bik, banyu tuh lah umep, angkatlah
  • Untal = lempar
Contoh: Untal tu bener dikit, nyangkut ke atep gek
  • Ulo = ular
Contoh: Ampir be aku ninjek ulo di sawah
  • Umbel = ingus
Contoh: Kau ni la besak masih umbelan
Arti: Kamu ini sudah besar masih ingusan
W
  • Wong = orang
Contoh: Wong kito galo, wong Palembang
Y
  • Yasi = sah
Contoh: Dak yasi pemilu tu, banyak maen calak dio
Perubahan vokal
Beberapa kata dalam bahasa Palembang yang sama dengan Bahasa Indonesia, hanya berubah vokal akhirnya:
  • Ado = ada
  • Apo = apa
  • Biaso = biasa
  • Biso = bisa
  • Dio = dia
  • Dimano = di mana
  • Disano = di sana
  • Iyo = iya
  • Jawo = Jawa
  • Jugo = juga
  • Kemano = ke mana
  • Kato = kata
  • Ketawo = tertawa
  • Kito = kita
  • Mano = mana
  • Ngapo = mengapa
  • Pulo = pula

Comments

Post a Comment

Popular Posts